Penerapan Metode Bermain Question and Answer untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Mahasiswa Stipar Ende

Authors

  • Waldetrudis Mbewa Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.5

Keywords:

Penerapan, metode bermain question and answer, meningkatkan, kemampuan berbicara, Bahasa inggris

Abstract

Penelitian ini bermula dari pengalaman mengajar yang dilakukan oleh peneliti dalam pembelajaran Bahasa inggris bahwa keterampilan berbicara Bahasa Inggris masih dianggap sulit bagi sebagian besar mahasiswa Stipar. Hal ini dikarenakan minimnya kosa kata dan ungkapan bahasa inggris yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu, ada yang beranggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit karena cara tulis lain dan cara baca lain. Mahasiswa juga kesulitan menemukan kosa kata dan ungkapan yang sesuai dan tepat dalam Bahasa inggris untuk mengungkapkan ide dan pikirannya serta kurang semangat dalam pembelajaran Bahasa inggris. Kesulitan ini yang berdampak pada kurangnya kemampuan berbicara Bahasa inggris dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode bermain question and answer untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa inggris pada mata kuliah Bahasa inggris. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Stipar Ende semester 2 kelas A yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan di kampus Stipar Ende bulan Februari-Mei 2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dilakukan dengan 2 siklus
menunjukan bahwa penerapan metode bermain question and answer dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa inggris pada mata kuliah Bahasa inggris Hal ini terlihat dari hasil pada pra siklus sebesar 40% dengan nilai rata-rata 69,47, hasil pada siklus 1 sebesar 83,3% dengan nilai rata-rata sebesar 78,13, dan hasil post test pada siklus 2 sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 85,10. Selain itu, mahasiswa juga sangat berperan aktif dalam proses pembelajaran Bahasa inggris yang terlihat dari semangat mahasiswa dalam bertanya dan menjawab.

References

Arief, Ermawati dan Munaf, Yarni. 2003. ”Pengajaran Keterampilan Berbicara” (Buku

Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSS UNP.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Kemmis, S. and McTaggart. 1984. The Action Research Planner. California: Deakin

University Press.

Muryati. Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Strategi Role

Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang, (UIN Suska Riau, 2013),

Prabawati, Kiki dan Sumatri, Made. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving

Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar

PGSD Undiksha. Vol: 6 No: 2 Tahun: 2018. 112-119.

Hikmawati, Sahidu, dan Kosim. 2020. Metode Question dan Answer (Q&A) berbasis LMS

pada Mata Kuliah Sejarah Fisika untuk Melatih Keterampilan Berkomunikasi

Mahasiswa. Journal of Education, Science, Geology and Geophysics. 1(2). 53-57.

Sinaga, F. 2010. Peranan Bahasa Inggris dalam Era Globalisasi. Tersedia:

http://kursusInggris.wordpress.com, diakses tanggal 23 Maret 2021.

Suhadi. 2010. Penerapan Strategi Giving Question and Answer untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Semesta pada Siswa Kelas III SDN 011 Pancuran

Gading Kecamatan Tapung. UIN Suska Riau.

Sunendar, Dadang, dkk. (Tim Penyusun KBBI Edisi Kelima). 2020). Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur. 2007. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Williani, Witra. 2022. Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan

Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan Kecamatan

Kampar Kabupaten Kampar. Uin Suska Riau. 11-12.

Setyawati, dan Sulistiyo, Edy. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif

Strategi Giving Question and Giving Answer terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI

Tav pada Standar Kompetensi Membuat Rekaman Audio di Studio di SMK Negeri 3

Surabaya.JurnalPenelitian Pendidikan Elektro. Volume 02 Nomor 1.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Mbewa, W. (2024). Penerapan Metode Bermain Question and Answer untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Mahasiswa Stipar Ende. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 8(1), 49–64. https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.5