Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Bahasa SMAK Negeri Ende
DOI:
https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i2.18Keywords:
Model, Pembelajaran, Group, Investigation, Hasil, BelajarAbstract
Model pembelajaran group investigation merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memiliki kekhasan tersendiri dari tipe-tipe model pembelajaran kooperatif lainnya yaitu mudah diterapkan, sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran yaitu siswa diberi kebebasan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran group investigation dan mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran group investigation terhadap siswa kelas XI Bahasa SMAK Negeri Ende dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa inggris? Model penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bahasa SMAK Negeri Ende dengan jumlah populasi 30 orang yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Kelompok kelas kontrol berjumlah 15 orang dan kelas eksperimen berjumlah 15 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan terhadap kelompok kelas kontrol adalah 64, 66 dan kelas eksperimen adalah 71, 00. Setelah diberi perlakuan terhadap kelompok kelas kontrol adalah 77, 33 dan mengalami peningkatan 13 poin, sedangkan kelompok kelas eksperimen adalah 86, 66 dan mengalami peningkatan sebesar 15 poin. Dari kedua kelompok ini memperoleh selisih sebesar 3 poin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Bahasa SMAK Negeri Ende. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran group investigation berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.
References
Kartini, K., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 31 Woja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 487–495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.681
Meo, L., Weu, G., & BS, Y. N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.101
Otavia, S. (2020). Model-Model Pembelajaran (Pertama). Deepublish.
Parnawi, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Deepublish.
Ponidi. at.al. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Pabean Udik.
Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4118–4125. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian quantitatif : Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen (pertama, Vol. 1). CV Budi Utama (IKAPI).
Setiawan, R. H., & Bachtiar, A. (2023). Monograf: Metode Role Play (Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik) (R. Harfiani, Ed.; Pertama, Vol. 1). Muktar Basri: Umsu Press.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Rose KR, Ed.; Vol. 1). Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Alfabeta.
Susilana, Rudi., & Riyana Cepy. (2012). Media Pembelajaran ( Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). CV Wahana Prima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kataketik
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.