Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Menggunakan Media Big Book di Kelompok Bermain St. Yosef Freinademetz Mautapaga Ende
DOI:
https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i1.35Keywords:
Anak Usia Dini, Kemapuan Berbahasa, Media Big BookAbstract
Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan berbahasa anak belum berkembang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan. Anak-anak menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan guru tentang tugas yang telah mereka selesaikan. Mereka juga menghadapi kesulitan dalam mengulang kalimat yang diucapkan oleh guru. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui penggunaan media big book Kelompok Bermain St. Yosef Freinademetz Mautapaga Tahun 2024. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan mulai April 2024 hingga Juni 2024 dengan subjek guru dan murid kelompok bermain St. Yosef Freinademetz Mautapaga Tahun 2024. PTK dilakukan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media big book dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak sebab terdapat peningkatan kemampuan berbahasa anak-anak di setiap siklus, dari siklus I hingga siklus III. Kondisi awal, atau pra-siklus perkembangan kemampuan berbahasa anak kategori berkembang sangat baik (BSB), hanya mencapai 7,7% pada siklus pertama, dan naik menjadi 23,1% pada siklus kedua, dan naik menjadi 23,1% pada siklus ketiga.
References
Aisyah, H. N. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 42–49. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Beverly, O. (2015). Language Development In Early Childhood. Terjemahkan Oleh Tim Penerjemah Prenada Media Group. Prenadamedia Group.
Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud.
Fitriani, D., Ajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Urnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Hasanah, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Big Book. Jurnal Pendidikan Anak, 1(6), 1–12.
Junanto, S., & Kusna, N. A. . (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Di Paud Inklusi Dengan Model Context, Input, Process, And Product (Cipp). Inklusi, 5(2), 179. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.14421/Ijds.050202
Nugraheni, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek Pada Anak Kelompok A. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Nuh, M. (2014). Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Depdikbud RI.
Rizky, I. A., Fahruddin, Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2021). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, Vol. 2(No. 2), 243–247.
Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1), 47–56.
Solehuddin, D. (2018). Pembaharuan Pendidikan TK. Universitas Terbuka.
Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2003). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
Wijana, W. D. (2008). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
Yuliani, N. S. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kataketik
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.