Penerapan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Maria Yulita C. Age Prodi PKK, Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa, Ende
  • Maria Andriana Sulastri Prodi PKK, Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa, Ende, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.1

Keywords:

Student Team Achievement Division, Pendidikan Agama Katolik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kels VII dalam Pendidikan Agama Katolik. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK Bank Saller Liwubao dengan jumlah siswa 30 orang dan dibagi dalam dua kelompok. Kelompok VIIB merupakan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan jumlah siswa 15 orang. Kelompok VIIA merupakan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 15 orang menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Hasil belajar pada post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar post-test kelas kontrol. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 68,6 dan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata sebesar 79,3 dengan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 18,7 poin. Dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pendidikan Agama Katolik
terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPK Bank Saller Liwubao Sikka.

References

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kottan. Daniel Boli. & P. Leo Sugiono. (2015). Pendidikan Agama Katolik dan

Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya: Edu

Publisher.

Muhajir,Moh. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika

Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V MI Mifftahul Ulum Jegreg.

/2, 49-65

Mukrimah, Sifa Siti. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi

Siliwangi.

Nasrudin, Juhana. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.

Panca Terra Firma.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu

Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Malang: Ahlimedia Press.

Payadnya, & Jayantika. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta

Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Purba, Pratiwi Bernadetta. et.al (2021) Kurikulum dan pembelajaran. Medan:

Yayasan Kita Menulis.

Prasetya, A,E. et. Al. (2021). Pengalaman Guru Inovatif Dalam Berkreasi.

Jakarta: Guepedia.

Rofi’ah, Siti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Penelitian

Pendidikan dan Pembelajaran. 1/2, 145-153.

Rohmani, Faidatur Rizki. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di

Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3/2, 1147-

Rosyid, Zaiful, et.al (2019). Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara

Abadi.

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, Nur Eka. (2016). Media Flash Tiga Dimensi Dalam Pelajaran Bahasa

Indonesia. Jawa Barat: Goresan Pena.

Subakti, Hani.et. al (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita

Menulis.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Suharti.et.al (2020). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Jakad Media

Publishing.

Sukerti. N.N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III SD.

Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 8/1, 92-101.

Sutiah. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning

Center.

Tiwery, Badseba. (2019). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran

Dalam Penerapan Pembelajaran. Malang: Media Nusa Creative.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Yulita C. Age, M., & Andriana Sulastri, M. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.1