Penerapan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.1Keywords:
Student Team Achievement Division, Pendidikan Agama Katolik, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kels VII dalam Pendidikan Agama Katolik. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK Bank Saller Liwubao dengan jumlah siswa 30 orang dan dibagi dalam dua kelompok. Kelompok VIIB merupakan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan jumlah siswa 15 orang. Kelompok VIIA merupakan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 15 orang menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Hasil belajar pada post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar post-test kelas kontrol. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 68,6 dan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata sebesar 79,3 dengan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 18,7 poin. Dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pendidikan Agama Katolik
terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPK Bank Saller Liwubao Sikka.
References
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kottan. Daniel Boli. & P. Leo Sugiono. (2015). Pendidikan Agama Katolik dan
Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya: Edu
Publisher.
Muhajir,Moh. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika
Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V MI Mifftahul Ulum Jegreg.
/2, 49-65
Mukrimah, Sifa Siti. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi
Siliwangi.
Nasrudin, Juhana. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.
Panca Terra Firma.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu
Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Malang: Ahlimedia Press.
Payadnya, & Jayantika. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta
Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Purba, Pratiwi Bernadetta. et.al (2021) Kurikulum dan pembelajaran. Medan:
Yayasan Kita Menulis.
Prasetya, A,E. et. Al. (2021). Pengalaman Guru Inovatif Dalam Berkreasi.
Jakarta: Guepedia.
Rofi’ah, Siti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Penelitian
Pendidikan dan Pembelajaran. 1/2, 145-153.
Rohmani, Faidatur Rizki. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di
Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3/2, 1147-
Rosyid, Zaiful, et.al (2019). Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara
Abadi.
Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, Nur Eka. (2016). Media Flash Tiga Dimensi Dalam Pelajaran Bahasa
Indonesia. Jawa Barat: Goresan Pena.
Subakti, Hani.et. al (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita
Menulis.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Suharti.et.al (2020). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Jakad Media
Publishing.
Sukerti. N.N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III SD.
Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 8/1, 92-101.
Sutiah. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning
Center.
Tiwery, Badseba. (2019). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran
Dalam Penerapan Pembelajaran. Malang: Media Nusa Creative.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atma Reksa Jurnal Pastoral dan Kateketik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.