Motivasi Mahasiswa Memilih Prodi Konseling Pastoral di Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende Tahun Akademik 2024/2025hun Akademik 2024/2025
-
DOI:
https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i1.43Keywords:
Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Mahasiswa Prodi Konseling PastoralAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa memilih Prodi Konseling Pastoral di Stipar (Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa) Ende Tahun Akademik 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian survei deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Stipar Ende tahun akademik 2024/2025 sebanyak 85 orang, yang merupakan mahasiswa Semester I (mahasiswa baru). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran angket motivasi yang dikembangkan peneliti sendiri dengan satu pertanyaan utama yaitu motivasi mahasiswa memilih kuliah pada program studi Konseling Pastoral di Stipar Ende. Lembaran angket ini merupakan kuesioner tak berskala yang akan dikonversikan ke dalam bilangan agar dapat dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi mahasiswa memilih Prodi Konseling Pastoral baik yang berasal dari diri sendiri (intrinsik) maupun yang berasal dari luar diri (ekstrinsik). Motivasi instrinsik para mahasiswa berpengaruh sangat signifikan. Terdapat 76 responden atau 100% (sangat setuju dan setuju) yang memilih Prodi Konseling Pastoral karena kemauan sendiri, 72 responden atau 94,7% (sangat setuju dan setuju) yang memilih Prodi Konseling Pastoral karena program studi yang ditawarkan sesuai dengan bakat dan minat pribadinya, 76 responden atau 100% (sangat setuju dan setuju) memiliki minat menjadi guru bimbingan dan konseling, 75 reponden atau 98,7% (sangat setuju dan setuju) yang memilih Prodi Konseling Pastoral untuk mengembangkan bakat dan minat pribadinya karena program studi yang ditawarkan sesuai dengan bakat dan minatnya, 75 responden atau 98,7% (sangat setuju dan setuju) yang memiliki cita-cita untuk menjadi guru bimbingan dan konseling. Rerata persentase motivasi instrinsik mahasiswa yang memilih Prodi Konseling Pastoral adalah 98,42%. Artinya sebagian besar mahasiswa memilih Prodi Konseling Pastoral didorong oleh motivasi intrinsik. Berdasarkan data motivasi intrinsik mahasiswa ini dapat diramalkan bahwa sebagian besar mahasiswa Prodi Konseling Pastoral tahun akdemik 2024/2025 akan mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan dapat menyelesaikan studinya dengan baik.
References
DAFTAR PUSTAKA
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bintoro, A., (2015), Menggali Motivasi Guru Agama Katolik Di Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) Santo Benediktus Sorong, Jurnal Teologi, Volume 04, Nomor 02, November 2015: 187-201
Chib, A., May, J., & Barrantes, R. (n.d.). Impact of Information Society Research in the Global South. Ehlert, J., & Faltmann, N. K. (n.d.). Food Anxiety in Globalising Vietnam.
Dariyo, A. (2004). Pengetahuan Tentang Penelitian dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 2(1).
Glückler·, J., Lazega, E., & Hammer, I. (n.d.). Knowledge and Networks Klaus Tschira Symposia Knowledge and Space 11. http://www.springer.com/series/7568
Hendrawati, H. (2016). Analisis Potensi Tenaga Kerja Lokal di Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. From Repostory.Upi.Edu
Koehrsen, J. (2021). Muslims and climate change: How Islam, Muslim organizations, and religious leaders influence climate change perceptions and mitigation activities. In Wiley Interdisciplinary Reviews: Climate Change (Vol. 12, Issue 3). John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.1002/wcc.702
Labu, N., (2018), Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Imamat dengan Kedisiplinan Pada Calon Imam di Seminari Tinggi, Tesis, Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata
Mayasari, Alimuddin., (2023), Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Banyumas: CV. Rizquna
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Papo, Y., (tanpa tahun terbit), Yayasan Persekolahan St. Petrus Ende, Sejarah Berdiri dan Kekaryaannya, Manuskrip
Riniwati, H. (2010). Mendongkrak Motivasi dan Kinerja. Malang: Universitas brawijaya press (UB Press)
Roeckelein, J. E., (2013), Kamus Psikologi, Teori, Hukum dan Konsep, Jakarta: Kencana Prrenadamedia Group
Sari, K. (2018). Gambaran Motivasi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Palembang Dalam Mengikuti Perkuliahan. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGR Palembang 5 Mei 2018.
Siagian, S. P., (2012), Teori Motivasi Dan Aplikasinya, Jakarta; Rineka Cipta
Sinagarimbun, M., & Handayani, T. (1989). Pembuatan Kuesioner. In M. Sinagarimbun, & S. Effendi, Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Singarimbun, M. (1989). Metode dan Proses Penelitian. In M. Singarimbun, & S. Efendi, Metode Penelitian Survei (pp. 9-10). Jakarta: LP3ES.
St. John, F. A. V., Edwards-Jones, G., & Jones, J. P. G. (2010). Conservation and human behaviour: Lessons from social psychology. In Wildlife Research (Vol. 37, Issue 8, pp. 658–667). https://doi.org/10.1071/WR10032
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitaif & Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Truong, T.-D., Gasper, D., Handmaker, J., & Bergh Editors, S. I. (n.d.). Migration, Gender and Social Justice Hexagon Series on Human and Environmental Security and Peace VOL 9.
Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kataketik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.