Kompetensi Dasar Fasilitator Katekese dan Implementasinya dalam Pertemuan Katekese Umat di Keuskupan Agung Ende DI KEUSKUPAN AGUNG ENDE

Authors

  • Laurentius Yustinianus Rota Stipar Ende
  • Damianus Dionisius Nuwa Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i1.42

Keywords:

Katekese Umat, Komunikasi Iman, Fasilitator Katekese dan Kompetensi Dasar

Abstract

Katekese umat adalah komunikasi iman yang terjadi di tengah umat, untuk umat, dengan umat sebagai pelaku utama. Untuk memperlancar proses komunikasi iman tersebut, diperlukan seorang fasilitator yang bertugas mempermudah pertemuan. Namun kenyataan menunjukkan fasilitator belum menjalankan tugasnya secara optimal dalam pertemuan katekese umat, baik tahap persiapan, pelaksanaan maupun evaluasi. Untuk mendalami permasalahan tersebut penelitian ini dibuat dengan menggunakan mix-method model. Data kuantitatif berasal dari lembaran evaluasi pertemuan katekese umat dari 80 Paroki dan Quasi Paroki selama Masa Praskah 2024 dan Bulan Kitab Suci Nasional 2024. Sementara data kualitatif diambil secara acak dari data kuantifatif yang ada sambil memperhatikan faktor kunci terkait empat kompetensi dasar fasilitator yaitu kompetensi personal, sosial, pengetahuan dan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para fasilitator katekese umat di Keuskupan Agung Ende, pada tahap tertentu, telah mengaplikasikan empat kompetensi dasar fasilitator, walaupun belum optimal. Pendampingan dan pelatihan yang memadai di masa mendatang akan dapat meningkatkan kompetensi para fasilitator katekese umat.

References

Bala, R. (2017). Menjadi Fasilitator: menarik, efektif dan aktual. Kanisius.

Bishofskonferenz, S. der D. (1997). Allgemeines Direktorium für die Katechese.

Burke, D. W. (2002). Basic Facilitation Skills. The Human Leadership and Development Division of the American Society for Quality.

Cohn, R. C., & Klein, I. (1993). Grossgruppen gestalten mit Themenzentrierter Interaktion. Matthias Gruenewald-Verlag.

Dewan Kepausan, U. P. E. B. (2020). Petunjuk Untuk Katekese (Edisi Indo). Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.

Exeler, A. (1979). Katechese in unserer Zeit. Koesel Verlag.

Fatuoni, X., & Utara, T. T. (2024). Pelatihan fasilitator katakese paroki st. fransiskus xaverius fatuoni, timor tengah utara. 5, 433–446.

Kanning, U. P. (2003). Diagnostik sozialer Kompetenzen. Hogrefe Verlag.

Klein, I. (2017). Gruppen Leiten Ohne Angst. Auer Verlag.

Komkat, K. (2024a). Arsip Evaluasi Katekese Prapaskah 2024. Komkat KAE.

Komkat, K. (2024b). Katekese Prapaskah 2024. Komkat KAE.

Korherr, E. J. (1973). Katechese. In E. J. Korherr & H. Gottfried (Eds.), Praktisches Wörterbuch der Religionspädagogik und Katechetik (p. 468). Herder.

Lalu, Y. (2007). Katekese Umat. Komisi Kateketik KWI.

Lott, F. (2001). Religionsunterricht als themenzentrierte Interaktion im Kontext einer Schule der Zukunft.

Lutz, B. (2001). Gemeindekatechese. In N. Mette & F. Rickers (Eds.), Lexikon der Religionspädagogik (Band 1, p. 678). Neukirchener Verlag.

Meman, O. G. P. H., Karo Karo, I., & Sitorus, R. N. (2023). Amare. 1(2), 72–78.

PKKS. (2004). Bahan Pertemuan Katekese Umat Basis. PKKS.

Praxis, S. C. (2024). PEMBERDAYAAN ORANG MUDA KATOLIK PAROKI MUTING , KEUSKUPAN AGUNG MERAUKE DALAM BIDANG PASTORAL-KATEKESE DENGAN MODEL. June. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v24i1.3556

Probst, F. (2006). Geschichte der Katolischen Katechese. Elibron Classics.

Pusat Pastoral Keuskupan Agung Ende. (2001). Pastoral Pembebasan dan Pemberdayaan Keuskupan Agung Ende Memasuki Milenium Ketiga.

Pusat Pastoral Keuskupan Agung Ende. (2016). Laporan Komkat KAE.

Rees, F. (2005). The Facilitator Excellence Handbook (Second). Pfeiffer.

Stowasser, J. . (2006). Lateinisch-deutsches Schulwoerterbuch. Oldenbourg.

Suwati, I., Munte, A., & Wulanata, I. A. (2024). Peran Guru Kristen sebagai Fasilitator dalam Mengembangkan Pembelajaran Bermakna bagi Siswa [ The Role of Christian Teachers as Facilitators in Developing Meaningful Learning for Students ].

Toll, C. A. (2023). The Effective Facilitator’s Handbook. ASDC.

Walyani, E., Suminar, T., & Kusumandari, R. B. (2023). Peran Fasilitator dalam Pendampingan Pelaksanaan PAUD Holistik Integratif. 7(6), 7409–7423. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5576

Yohanes Paulus II, P. (1979). Catechesi Tradendae.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Rota, L. Y., & Nuwa, D. D. (2025). Kompetensi Dasar Fasilitator Katekese dan Implementasinya dalam Pertemuan Katekese Umat di Keuskupan Agung Ende DI KEUSKUPAN AGUNG ENDE. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 9(1), 62–74. https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i1.42