Meningkatkan Model Kepemimpinan Dan Pendidikan Menghadapi Pembelajaran 4.0 Dan Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.3Keywords:
revolusi 4.0, society 5.0, kepemimpinan, Pendidikan, HOTSAbstract
Perkembangan ilmu dan teknologi berdampak signifikan terhadap pelbagai bidang kehidupan termasuk kepemimpinan dan pendidikan. Kajian ini mencoba untuk meneropong kesiapan bidang kepemimpinan dan pendidikan ketika berhadapan dengan revolusi industry 4.0 dan society 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang berpijak pada pengkajian kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Bahan-bahan pustaka tersebut diposisikan sebagai sumber ide atau inspirasi yang dapat membangkitkan gagasan atau pemikiran lain. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi industri 4.0 sudah tentu akan menimbulkan berbagai dampak yang tidak bisa dihindari, misalnya saja masalah sumber daya di dunia pendidikan dengan pola kepemimpinan yang memiliki HOTS yang mumpuni. Dunia Pendidikan yang telah terintegrasi dengan internet tentu memerlukan tenaga kerja ahli yakni para guru terlatih yang mampu mengoperasikan mesin automasi tersebut.Integrasi tenaga kerja ahli dan automasi mesin di era industri 4.0 seperti ini yang nantinya diharapkan dapat memudahkan dan membantu proses pembelajaran di dunia pendidikan. Hal tersebut dapat dipandang sebagai kesiapan dunia pendidikan untuk menghasilkan output yang memiliki kapasitas yang dapat diandalkan dalam menghadapi masyarakat Indonesia 5.0.
References
Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.
Ambarita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Harayama, Y. (2017). Society 5.0: Aiming for a New Humancentered Society. Japan’s Science and Technology Policies for Addressing Global Social Challenges. Hitachi Review, 66(6), 556–557.
Irawan, E. (2019). Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 160–168.
Hayon, Vinsensia H.B. dan Wariani, Theresia. dkk, 2017. Pengaruh Kemampuan BerpikirTingkat Tinggi (High Order Thingking) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Laju Reaksi Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Kimia FKIPUnwira Kupang Tahun Akademik 2016/2017. Kupang: TP. Dewantara, Ki Hadjar, (1962). Karja I (Pendidikan). Pertjetakan Taman Siswa, Jogjakarta.
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business).
Salgues, B. (2018). Society 5.0: Industry of the Future, Technologies, Methods and Tools.
John Wiley & Sons.;
Shiroishi, Y., Uchiyama, K., & Suzuki, N. (2018). Society 5.0: For human security and wellbeing. Computer, 51(7), 91–95.
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS. Tanggerang: Tira Smart
Nugroho, Arifin. 2018. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep
Pembelajaran Penilaian dan soal-soal). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rofiah, Emi. Dkk. 2013. “Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis
TingkatTinggi Fisika pada Siswa SMP”, dalam jurnal pendidikan fisika, Vol. 1, No. 2.
Sofyan, Fuaddilah Ali. 2019. Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013”, Jurnal Inventa,
(Maret 2019).
Syarizka, D. (2019, 07 11). Bisnis.Com. Retrieved 07 22, 2019, From Teknologi:
Https://Teknologi.Bisnis. Com/Read/20190711/266/1122855/ RuangguruStartup-Pendidikan-YangSiap-Jadi-Unicorn-Baru.
Siti Halimah, Implementasi Pendekatan Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam
Pembelajaran Pai (Studi Pada Siswa Kelas X Di SMAN 2 Pasuruan Jawa Timur).
Evaluasi: Jurnal manajemen Pendidikan Islam ISSN (P): 2580-3387, ISSN (E): 2615-
Vol. 5 No. 2 September 2021: 342-362.
Sule, Ernie Tisnawati dan Priansa, Doni Juni. 2018. Kepemimpinan dan Perilaku
Organisasi (Membangun Organisasi Unggul di Era Perubahan). Bandung: PT Refika
Aditama.
Pakpahan, R. (2016). Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat Dan Tantangan.
Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1) , 19-35.).
Mukhtar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi (Gaung Persada
Press Group).
Risdianto, E. (2019). Akademia. Retrieved 07 2019, 19, From Https://Www.
Academia.Edu/38353914/Analisis_ Pendidikan_ Indonesia _D i _ Era _
Revolusi_Industri_4.0.Pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atma Reksa Jurnal Pastoral dan Kateketik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.