Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Agama Katolik Di Sekolah Dasar Katolik Kombandaru

Authors

  • Oktavianus Supriyanto Seni Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reka Ende

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.2

Keywords:

Pembelajaran PAK, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK). Melalui evaluasi diharapkan pendidik dapat memperoleh gambaran secara utuh tentang prestasi dan kemajuan proses serta hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik dan penelitian ini terfokus pada mata pelajaran PAK. Evaluasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran PAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAK di SDK Kombandaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus karena peneliti berusaha mendapatkan dan memahami segala hal yang dialami oleh subjek penelitian secara intensif dan terperinci, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAK di SDK Kombandaru sudah cukup baik. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan melihat dari pembelajaran PAK dan pelaksanan evaluasi pembelajaran PAK itu sendiri. Pembelajaran PAK di SDK Kombandaru sudah berlangsung dengan baik karena dalam proses belajar mengajar PAK pendidik memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran yang ada diantaranya prinsip kesiapan, prinsip motivasi, dan prinsip perhatian. Dalam memenuhi prinsip-prinsip tersebut pendidik memiliki cara dan metodenya. Di samping itu pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAK di SDK Kombandaru sudah berlangsung dengan cukup baik karena dalam melaksanakan evaluasi pendidik menggunakan tes objektif dan tes subjektif. Pendidik menyiapkan kisi-kisi sebelum melaksanakan evaluasi kepada peserta didik. Pendidik melakukan pengukuran dan penilaian pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

References

Amir, Sofan, dkk. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran; PengaruhTerhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Cet. III; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Cet. X; Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi Revisi). Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dirman dan Cicih Duarsih. 2014. Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Cet. XI; Jakarta: PT Bumi Aksara,2010. Kitab Hukum Kanonik 1993

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Murif, A, Yusuf. 2015. Metode Penelitian Kuantitaif, Kulitataif & Penelitian Gabungan. Cet.II; Jakarta: Kencana.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP: Dasar Pemahaman dan Pengembangnnnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 1984. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Rasyid, Harun. 2000. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial Agama.Pontianak: STAIN Pontianak.

Rosyada, Dede. Tt. Paradigama Penddidikan Demokrtis; Sebuah Model PelibatanMasyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Cet. III; Jakarta, Kencana.

Saleh, Abdul. 2004. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa,Visi,Misi dan Aksi.Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. IV; Jakarta: RinekaCipta.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet. IV; Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada

Sudjana, Nana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. VI; Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2019. Evaluasi Pendidikan (Prinsip & Operasionalnya). Cet. III; Jakarta: PTBumi Aksara.

UU RI NO 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Supriyanto Seni, O. (2024). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Agama Katolik Di Sekolah Dasar Katolik Kombandaru. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.2