Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswi Asrama Puteri Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende

Authors

  • Viktoria Lelboy STIPAR Ende

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i2.14

Keywords:

Kecerdasan, Emosional, Spiritual, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswi Asrama Puteri Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 20 orang responden mahasiswi yang berdomisili di asrama. Instrumen penelitian mengunakan angket yang disebarkan kepada semua responden. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka kemudian dianalisis menggunakan statistic, sesuai dengan pikiran Arikunto yaitu penelitian yang banyak dituntut menggunakan angka, yang terhitung dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Data prestasi belajar diperoleh dari nilai ujian tengah semester (UTS) mata kuliah Spiritualitas Katekis. Data kecerdasan emosional dan spiritual akan dijumlahkan dan diambil rata-ratanya sesuai angket yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar mahasiswi asrama puteri. Kedua, berdasarkan hasil penghitungan koefisisen korelasi maka semakin tinggi skor kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) maka semakin tinggi pula prestasi belajar. Karena itu, dapatlah dikatakan bahwa kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) merupakan faktor yang menentukan prestasi belajar.

References

Abdul M., dan Jusuf M., 2002. Nuansa-nuansa Psikolgi Islam. Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada

C. Asri Budiningsih. 2015. Belajar & Pembelajaran. Penerbit PT Rineka Cipta

Daniel G., 2002. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

……….., 2005. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Depertemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Eveline S. H. N., 2015 Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia Indonesia, Cet. Keempat

H. Abu Ahma & Widodo S., 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

John Gottman dan Joan de Claire. 1997. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional, terj. T. Harmaya. Jakarta: Gramedia

Muhammad F., & sulistyorini. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

P. Ratu Ile Tokan. 2016. Sumber Kecerdasan Manusia. Jakarta: Jakarta

Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Sadirman A., 2006. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Kharisma Putra Utama Offset

Syamsu Y., 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Pt Rineka Cipta

http://planetmatematika.blogspot.co.id/2011/01/kecerdasan-spiritual-sq.html. diakses pada tanggal 06 Februari 2022.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Lelboy, V. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswi Asrama Puteri Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 8(2), 97–111. https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i2.14