Pentingnya Keterampilan Bertanya Peserta Didik: Kompetensi Penting Dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i2.13Keywords:
Kurikulum Merdeka, bertanya, kompetensiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya keterampilan bertanya bagi peserta didik sebagai kompetensi utama dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, di mana peneliti mengambil referensi dari berbagai tulisan kemudian menggabungkannya dalam satu kesatuan pemikiran dalam penyajiannya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Kurikulum Merdeka hadir untuk menyikapi perubahan zaman, (2) Terdapat peta konten yang penting untuk memahami implementasi Kurikulum Merdeka, (3) Keterampilan bertanya terdapat dalam subelemen pada dimensi berpikir kritis, (4) Terdapat implikasi penting dari keterampilan bertanya dalam Kurikulum Merdeka. Dengan memanfaatkan keterampilan bertanya, peserta didik mengembangkan baik kompetensi maupun karakter mereka.
References
Buku:
Harris, B. (2014). Creating a Classroom Culture that Supports the Common Core: Teaching Questioning, Conversation Techniques, and Other Essential Skills. New York, NY: Routledge.
Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of curriculum and Instructional. Chicago: The University of Chocago Press.
Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Dimensi, Elemen, Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kataketik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.